Tuesday, February 17, 2009

Gangan Ikan Kelik/Lele

Gangan kelik

This is my entry for " (almost)Forgotten Indonesian Culinary Heritage event" hosted by Rurie. The rest of story, I´m going to write in Bahasa Indonesia. You can see my first Gangan recipe using Mackerel Fish/Belitung style fish soup with cassava here.

Gangan Ikan ini merupakan masakan asli dari daerah Belitung, yang mengingatkanku pada masa kecil. Masih terbayang dalam ingatan, ketika nenek masih ada, beliau sering sekali mengolah Ikan untuk di Gangan. Biasanya beliau menggunakan jenis ikan Bulat, ikan Ilak, Lele (bahasa Belitungnya: Kelik) ataupun Ikan Pari. Ada lagi tambahannya yg unik: Singkong!, entah kenapa bagian ini jadi favorit.....kalau sudah jadi Gangan Ikan...paling sukaaa banget mancing singkongnya :)).
Aroma kayu bakar tempat nenek masak di dapurnya yg sangat sederhana, membuat masakannya selalu nikmat. Walaupun jaman itu, rumah nenek sudah memiliki fasilitas listrik, beliau lebih suka memanfaatkan kayu bakar yang mudah ditemukan di halamannya yg penuh dengan aneka pohon buah-buahan.
Ahh....untungnya singkong dan ikan Lele beku masih bisa didapat di toko Asia di Hamburg, akhirnya bisa juga ikutan eventnya Rurie. Btw, kenapa Lele bahasa Inggrisnya Catfish yahh...hm....karena ada kumisnya kali ya :))




ingredients:
500 g Ikan Kelik/lele/Catfish (Clarias macrocephalus)/Gelber katzenfisch, discard inside, wash and cut into pieces
500 g cassava, cut into pieces
1 l water
2 bay leaves/daun salam
1 tablespoon tamarind paste + 100 ml hot water, sifted
1 teaspoon sugar, salt to taste

spices to grind: 3 shallots, 3 candlenuts, 2 cloves garlic, 2 cm ginger, 2 cm galangal, 3 cm turmeric, 4 bird´s eye chillies, 1 tsp shrimp paste/terasi/belacan, 2 cm lemon grass (take the white part only)

directions: Boil water in a saucepan. Add spices, tamarind juice, bay leaves and cassava. Lower the heat, add Catfish/Lele, salt and sugar to taste. Simmer until the fish and cassava quite tender. Be careful not to overcook or they will disintegrate.

Gangan ikan

16 comments:

Fitri said...

kebayang seger banget nih mba, btw lumayan ngenyangin donk ya ada singkong nya juga.

Rurie said...

Makasih entrynya mb. Retno :D cakep deh potonya.

Elsye said...

oohhh menggoda sekali potona mbak...huhuhu btw ada singkong juga ya disana baru tau uey :D

A.G said...

wah telo di masak sayu :D baru tau aku

Dapur Bia said...

Iya...hidangannya menggoda...!

Zita said...

Yum... sedep neh , panas asem2-pedes... mantep buat ngangetin badan di musim dingin;)

Kitchen Flavours said...

Wow droolworthy fish recipe. Looks yum.

VG said...

My tummy is rumbling...

BTW My dear friend ~ a surprise awaits you at MY BLOG.

eliza said...

belum pernah makan Ret, kepenge jg tuh. iya, catfish pake kumis kayak kucing sih :D

camelia said...

Hello,


We bumped into your blog and we really liked it - great recipes YUM!!! YUM!!!.
We would like to add it to the Petitchef.com.

We would be delighted if you could add your blog to Petitchef so that our users can, as us,
enjoy your recipes.

Petitchef is a french based Cooking recipes Portal. Several hundred Blogs are already members
and benefit from their exposure on Petitchef.com.

To add your site to the Petitchef family you can use http://en.petitchef.com/?obj=front&action=site_ajout_form or just go to Petitchef.com and click on "Add your site"

Best regards,

Vincent
petitchef.com

Lena Brown said...

aduh seger banget ya,,,, nanti aku coba ya Mbak :-) fotonya juga cakep ...

haley said...

Halo Mbak Retno, salam kenal. Udah sering denger nama penjenengan yg kondang di dunia foodie blogger, tapi blum kenalan :)
selamat juga ya atas kemenangan 2 kategori sekaligus :)

Salam dari Solo, Haley

Retno Prihadana said...

Fitri: justru singkongnya aku paling suka..he..he
Rurie: Sama-sama Rurie, seneng bisa ikutan eventnya:)
Elsye: Iya ada els, ditoko Asia, aku lebih sering beli yang frozen cassava, soale lebih murah dari yg singkong fresh :D
A.G: sekarang dah tau khan yaak..qi..qi.
Dapur Bia: Ayuuk dicicipi :)
Zita: dingin2 memang enaknya makan yg berkuah.
Kicthen Flavour: Indeed, Lubna
VG: Thank you for the award :)
eliza: iya ada kumisnya, tapi aku masih lebih suka pake ikan mackerel.
Lena Brown: Makasih yaaa.
Haley: Salam kenal juga, selamat juga buat dikau yaa, resepnya dapet the best.
Camelia: Thanks

Y said...

Congrats on winning an award for that amazing first photo. I love mackerel and Indonesian food. Sounds like a wonderful recipe!

Dita said...

mbak Retno, congrats on winning DMBLGIT March 2009 ya :)

tom said...
This comment has been removed by a blog administrator.