Monday, February 25, 2008

Gulai Masin/Fish Curry



Ingredients:

Source: Yanti Rafles (Thanks for sharing the recipe)
1 kg ikan tongkol/tenggiri/spanish Mackerel, cut in pieces
juice of one lime
400 ml coconut milk
350 ml water
15 small green chillies
2 red chillies, sliced
2 asam kandis/asam sunti/dried Bilimbi ( See: Averrhoa Bilimbi)
1 stalk lemon grass, bruised

2 bay leaves
5 lime leaves
salt

spices to grind:
4 shallots, 2 cloves garlic, 2 cm ginger, 2-3 cm fresh turmeric

directions: rub fish with lime juice and salt. Grill fish in the oven for about 15 minutes. Meanwhile, saute spice paste in a large pan until fragrant. Pour in water and other ingredients, then coconut milk. Add grilled fish, bring to boil , then let them simmer for a while.

19 comments:

Happy cook said...

Fish with coconut milk that has to be delicious.
I coudn't see the pic. Will come back to see them

Elsye said...

kekekeke masih belum keliatan, padahal udah ngeces nih..:D

Dwiana P said...

kalau ikan biar diapain aja aku sukaaa....

Retno Prihadana said...

happy cook, elsye: I don´t know why the picture couldn´t appear while I still can see them :(
Dwiana: Dwi...gambar ikannya bisa keliatankah? Sama Dwi, aku penggemar ikan dan seafood, soalnya dari kecil ibuku suka masak ikan.

Resto Mariena said...

Mbak Retno..waktu di MP aku tuh bilang mau lihat resep apa gitu lho di sini, tp sekarang aku lupa resep yg mana...aduhh musti ke MP dulu deh haaaaaaaaa. Ikan nya dah habis ya Mbak? koq nggak ada poto nya ? heee

Retno Prihadana said...

resto mariena: Iya aku heran banget, tadi pagi gambarnya masih ada, tau2 ngilang, aku upload lagi deh.

deeTha said...

mbak... bagi....
aku doyan banget gule masin iki.

daphne said...

oh yummy!!that is a great combi!

Andaliman said...

aku ada foto asam sunti mbak
di http://indonesia-eats.blogspot.com/2007/12/whb-111-bilimbi-and-cumi-tumis-aceh.html

ikan mahh gak ada matinye

Retno Prihadana said...

deetha: nggawe dewe det...mau diajak ngicipi jauuuh...hi..hi.
Daphne: Thanks
andaliman: Asyiek..pepy punya fotonya juga, thanks. Aku dikasih temenku asam suntinya komplit sama resepnya:) Jaman aku kecil almh.nenekku punya pohon belimbing wuluh ini di halaman, biasanya cuman dibikin sambel untuk temennya ikan.

Little Corner of Mine said...

Oh I love this! I like this kind of color fish curry.

Andaliman said...

mbak Ret, kalo ngikutin postinganku di MP, aku nemuin jenis asam2an satu family ama asam kandis dan gelugur, namanya kokum. Bisa dicari di toko India/Pakistan/Karibia, dijual bentuk kering maupun paste. Bentuk keringnya mirip ama asam kandis. Soal rasa gak kalah ama asam kandis, buat rendang mantaff juga

Retno Prihadana said...

little corner of mine: Ahh..ching, you like yellow colour, do you?
andaliman: Siiip...makasih infonya ya Pep. Kalau di jerman banyaknya toko Turki.

Azzah said...

mbak retno, ini klo ibuku blg acar iwak :), klo pake bandeng,jadi acar bandeng :)

Retno Prihadana said...

azzah: Ikan acar kuning udah pernah di posting disini: http://kedaihamburg.blogspot.com/2008/01/ikan-acar-kuning.html
Klo yang ini namanya gulai, mungkin karena kuahnya lebih banyak :))

Everything4sweets said...

Yumm,yumm, this is delicious Retno.

infogue said...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan Wordpress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

http://infogue.com/makanan_minuman/gulai_masin_fish_curry/

tigerfish said...

Been a long time since I have this kind of curry. I miss home!

Retno Prihadana said...

tigerfish: Have a try!