Saturday, March 29, 2008

Roti Konde ala Helwah


My friend,Helwah Balfas, taught us how to make roti konde at her house two days a go. Thank you very much Helwah for sharing the recipe. Served with lamb curry or honey, jam or whatever you like. My kids prefer to eat roti konde with yoghurt, sliced onion and cherry tomatos than curry. You can see step by step to make Roti Konde Here



Ingredients:
1 kg all purpose flour
400 ml water
2 tablespoons margarine

5 tablespoons cooking oil
3-4 eggs

2 tablespoons salt, or as required

step by step how to make roti konde by Helwah Balfas

Kalau urusan masak memasak , ibu satu ini memang  handal dan  cekatan sekali. Ditengah rutinas kesibukan sehari-harinya, teman baikku masih menyempatkan sharing ilmunya untuk kita. Terimakasih banyak ya Helwah.

Menurut Helwah yang keturunan Arab, roti konde merupakan makanan khasnya  yang biasanya dimakan dengan gulai kambing. Buatku sendiri, dimakan begitu saja setelah digoreng dengan sedikit mentega udah enak banget, begitu selesai praktek bikin roti konde ini bersama teman-teman lainnya, sampe dirumah langsung diserbu anak-anak. Si dedek langsung dimakan begitu saja, sedang si Mas setelah makan pake yoghurt, irisan bawang bombay dan tomat cherry. Habisnya sebentar, bikinnya lumayan ribet juga bagi yang nggak biasa seperti aku ini, udah sempat belajar 3x sama Helwah, kali ini baru sempat motret dengan camera pocketku....sorry ya klo fotonya kurang bagus.

Adonan roti konde ini, bisa juga digunakan untuk kulit martabak asin dengan menambahkan sedikit terigu lagi.

Ingredients: untuk 10-12 roti
1 kg tepung terigu/all purpose flour/Mehl type 405 (1/2 kg pakai tepung terigu instant+1/2 kg tepung terigu biasa)
400 ml air
2 sdm mentega
5 sdm minyak goreng
3-4 butir telur
2 sdm garam, atau sesuai selera

Cara:
- Masukkan semua bahan di atas kedalam food processor/kuchenmachine, sampai adonan tercampur rata.
-  Bagi adonan menjadi 10-12 buah, dan buat bulatan seperti gambar di atas.
-  Tutup bulatan adonan roti dengan plastik dan serbet basah, diamkan selama 30 menit - 1 jam.
- Tipiskan adonan seperti membuat kulit martabak, olesi atasnya dengan campuran mentega dan minyak goreng (1/2 sdm minyak goreng+1/2 sdm mentega), ratakan dan tipiskan.
- Setelah adonan cukup merata tipisnya, buat berbentuk tali panjang dengan cara seperti mewiru, sehingga keliatan bentuknya seperti lapisan.
- Buat lingkaran di ujung sebelah kiri, cukup di dorong dengan perasaan ya buuuu.....jangan dipaksa. Lakukan hal yang sama untuk ujung lainnya dengan arah berlawanan.
- Tumpuk jadi satu, kemudian panggang di atas teflon dengan menekan adonan dengan tangan  posisi memutar searah jarum jam.
- Diamkan sebentar di atas penggorengan, selanjutkan tekan-tekan permukaan roti secara merata dengan sendok penggorengan, lakukan hal sama untuk sisi roti sebaliknya.
- Setelah agak coklat, angkat.
- Jika akan dihidangkan goreng dulu dengan sekitar 1 sdm mentega, untuk mendapatkan roti yang crispy.
- Siap dihidangkan dengan ditemani gulai kambing, atau madu, yoghurt,  olesan selai.....sesuai selera aja deh.

14 comments:

Indonesia-Eats said...

Reminds me of Roti Maryam. I guess depend where you live in Indonesia, it has a different name

Little Corner of Mine said...

Yum Yum...looks like roti canai we called in M'sia.

Salt & Turmeric said...

yup. looks like roti canai/paratha an urs look really good. usually id just buy frozen ones but after looking at the pics, maybe i shud give it a try. thanks kedai hamburg. ;)

Retno Prihadana said...

indonesia-eats: Pepy, do you know why it´s called Roti Maryam?
little corner of mine: ahhh...another different name for similar bread ^_^
salt& turmeric: wow....I didn´t realize this kind of bread has a lot of name :))

Lia said...

aku suka banget makan paratha pake abon, ini mirip paratha mba :D

Retno Prihadana said...

Lia: aku juga baru tau klo roti ini namanya banyak :)), thanks ya Lia

Everything4sweets said...

wah enak roti kondenya apalagi atasnya ditaburi pake keju parut,dan sirup pancake, yummy!!!

A.G said...

wah mirip roti maryam yahh.. aku nyontek resepe Peppy mbak

Salt & Turmeric said...

Retno, memang banyak nama. ;) Cara makan juga banyak. I usually would eat it with sweet condensed milk or sambal sardine or even curry. Makes me wonder, how do you normally eat the roti?

Retno Prihadana said...

a.g: iya yin, kata temenku Helwah, di Bogor di kampung arab namanya Roti Konde atau Roti Maryam juga.
salt&turmeric: we used to eat roti konde with lamb curry. My kids prefer to eat with yoghurt, sliced onion and cherry tomatoes than curry.

Mochachocolata Rita said...

Roti konde...mirip2 roti pratha gitu ya?...wah susah banget bikinnya..well done mba!

Retno Prihadana said...

mochachocolataRita:Ini lebih mirip roti maryam Rit, klo paratha pake Ghee.

Dyfi said...

Pagi-pagi makan roti konde atau roti maryam dikrepesin dimakan sama madu atau gula pasir. pake gule juga enak. Jadi kangen sama Meh Ewah...

Happy cook said...

This is like the same roti/parota we have in India too :-)