Wednesday, March 14, 2007

Lapis Surabaya


Lapis Surabaya ini termasuk boros pemakaian telur, aslinya terdiri dari 3 lapisan, dengan posisi lapisan coklat ditengah, berhubung menghemat waktu dan telur...jadi bikinnya dua lapis saja..
Trim´s ya Airin yg udah ngajarin kita bikin kue ini, paling tidak kangen dengan Mandarijn dari Toko Orion Solo terobati.


Bahan:
Lapisan kuning
7 kuning telur+2 putih telur
75 g gula pasir
1/2 sdt vanilli
50 g tepung terigu
75 g mentega kocok lembut
1 sdt emulsier (TBM)

Lapisan coklat8 butir kuning telur+2 putih telur
75 g gula pasir
30 g tepung terigu
20 g coklat bubuk
75 g mentega kocok lembut
1 sdt TBM
Selai strawberry atau Kirsche

Cara:
Kocok kuning telur+putih telur+1 sdt TBM+gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi sampai agak kaku, kemudian masukkan mentega, kocok lagi. Terakhir masukkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan adonan kedalam loyang ukuran 20 x 20 cm, bakar di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180°C. Panggang kue selama kira-kira 30 menit.
Tahapan di atas berlaku juga untuk membuat lapisan coklatnya.
Setelah Lapisan kuning dan coklat matang, olesi tengahnya dengan selai strawberry.




4 comments:

Almy said...

mbak,, kalo gak punya tbm pake apa ya penggantinya? terus itu mentega kocok lembut itu gimana ya mbak maksudnya? sori nih,, maklum lah,, gak pinter masak... makanya mau belajar ama mbak retno nih yg jagonya :D

almmy

Retno Prihadana said...
This comment has been removed by the author.
Retno Prihadana said...

Aku nggak tau gantinya tbm apa ya? (mungkin ada temen lain yg tau??). Belum pernah coba sih almy, kalo pake TBM emang jadi lebih pede aja.
Menteganya dikocok tersendiri sampe lembut dulu pake kocokan atau mixer sebelum dicampur ke adonan, wookeeeh.
Malu akh sama almy, lha wong aku khan
udah bilang bukan ahli masak, masih belajar koq.

Bunda Nadine said...

hai mbak almy & mbak retno, salam kenal dari jauh :).

pengen komen ke masalah tbm iniy :). sependek pengetahuan aku ... kalo adonannya gak ngantri masuk oven gak pake emulsifier juga gpp ... kalo ngantri masuk oven baru deh butuh emulsifier buat penstabil adonan.

beberapa kaliy aku bikin lapis sby gak pake emulsifier juga ok-ok ajah kok :) asal lgs masuk oven.

smoga berguna, met nyobain yaa .. :)