Thursday, July 5, 2007

Balado Ikan Belanak

Senengnya kalo ada acara ibu-ibu, bisa mencicipi masakan temen-temen dengan spesialisnya masing-masing, rasanya lebih nikmaaattt gitu loh. Kali ini yanti raffles tidak hanya berbagi resep tapi juga masakin Balado Ikan Belanak...yang enakkk, untuk dicicipi bersama-sama, mantabb banget deh (Makasih ya!). Ikannya di goreng kering, jadi lebih kriuk-kriuk. Kalo nggak inget sama berat badan nih, pengennya nambah nasi terus...he..he.




Bahan:
10 ekor ikan belanak
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
garam secukupnya

Bumbu: dihaluskan
10 buah cabe merah ( atau 3 buah paprika merah panjang+10 buah cabe rawit merah)
2 butir bawang merah
1 buah tomat
garam secukupnya

Cara: Ikan dibersihkan, taburi air jeruk nipis dan garam, diamkan 1 jam. Goreng ikan dengan minyak banyak sehingga kering. Tumis bumbu halus dengan minyak sisa menggoreng ikan sebanyak kira-kira 5 sdm, beri garam secukupnya, setelah panas, kecilkan apinya tumis bumbu sampai harum. Susun ikan belanak goreng di atas piring, siram dengan bumbu baladonya.
Catatan: Ikan Belanak - Scientific Name: Valamugil Seheli
Standard Fishname: Bluespot Mullet

6 comments:

Isha said...

aduhhh mbak, beneran aku ngilerrr, mana lagi makan nih, mau dunk buat temen makan *drooling*

Vie said...

Ingat dulu Ret, klo goreng ikan pe kering, mamiku suka ngomel, katanya kayak makan kayu. Jadi aku klo bikin sambalado ikan, sengaja yg kriuk2 kupatahin ekornya buat nandain itu milikku. Untung aja suami en anakku suka ikan yang kriuk-kriuk.

Ret, pindah sini dong, marmutku gak ada yg jagain tuh, mo kemana2 susah. Biasanya aku suka bayarin temen anakku untuk petsitting, tapi musim panas gini mereka pada liburan keluar! Paling klo mo kemana2 gitu cumanya bisa Sabtu Minggu, trus makanan mereka diperbanyak aja!

Anisa said...

melihat saja sudah yakin kalau uenakkkk....merahnya ngeces...mau banget bikin....nyontek dunk resepnya.

WokandSpoon said...

That looks so nice but the goreng ikan is not good for my diet :-(

Retno Prihadana said...

to Aisha: Iya nih..klo yg pedes2 nafsu makan bertambah.
to Vie: horeee..mo deh ngurusin marmutnya..kirim ticket ya, he..he.
to Anisa: Nisa..ayo makan sama2, ibu hambil makannya musti double ya.
to wokandspoon: You´re right!

Dwiana P said...

wow yg ini bikin lapar pisan... lezat.