Wednesday, July 11, 2007

Rendang Daging

Bikin rendang 1 kg atau 2 kg sama lamanya, jadi mending sekalian banyak aja. Minggu lalu anak-anak pada klassenreise (study tour gitu lah) sama sekolahnya sebelum liburan summer, pulang-pulang pada kangen makanan rumah.. pada bosen makan roti dan pasta, sampe rumah cari nasiiiii...he..he. Si Dedek aja sampai nambah makannya klo pake rendang, si Bapak lebih suka rendangnya pake kacang merah, sebaliknya si Mas nggak mau rendang... pengennya tahu goreng !.




Bahan: 2 kg daging sapi 4 santan kaleng, 1 kaleng @ 400 ml
4 cm jahe,
di keprek
1 lbr daun kunyit (kalo ada)
4 lbr daun jeruk

4 buah asam kandis (kalo ada)


Bumbu: dihaluskan
20 buah cabe merah (sekitar 500 g)
5 cm kunyit, 10 siung bawang putih
100 g bawang merah, 1 btr bawang bombay

75 g lengkuas/laos

2 buah serai, ambil bagian putihnya sekitar 2 cm, sisanya biarkan utuh garam secukupnya

Cara: daging sapi di potong-potong, campur dengan bumbu halus dan bumbu utuh, kemudian masak sampai daging berubah warna. Tuang 2 kaleng santan (800 ml), aduk sekali-sekali. Sesudah air agak berkurang tambahkan lagi 2 kaleng santan (800 ml) berikutnya, aduk-aduk sampai kering.

6 comments:

Lia said...

aku baru aja mau buat rendang koq kita sehati yah xixixixixii

WokandSpoon said...

Oooo, I love rendang especially with nasi kunyit!!!

Isha said...

mbaaakkkk huhuhu...beneran ngilerrr, dah lama gag makan rendang, abis masaknya itu loh harus sabar, aku gag sabaran seh huhuhu...ayo mbak retno tanggung jawab, aku ngences nih :((

Retno Prihadana said...

to Lia: Iya nih...aku termasuk jaraang bikin ini, masak rendang ini sekalian mo bikinin tuk ponakan.
to wokandspoon: Okey, we can eat together, please....bring nasi kunyit (nasi kuning), he..he.
to Isha: Hi..hi..jangan ngencess dunk, lagi ngidam nggak?.

Ninis said...

Duh, Mbak ... ngilerrr :D
Cari daun kunyit dimana yah disini ... kayaknya di toko cina gak ada deh .. trus kalo tanpa daun kunyit pasti rasanya laen kan, Mbak??

Miss Lucky Piggy said...

Hallo Mbak Retno,
Mohon sarannya Mbak, untuk rendang baiknya bagian daging yang mana? Thanks :-)