Wednesday, July 4, 2007

Spiegeleikuchen

Spiegeleikuchen ini kalo diterjemahkan ke bhs. Indonesia jadinya Kue Ceplok telur. Memang setelah di tata buah Aprikose atau Apricot, tampilannya seperti ceplok telor. Sempat belajar kue jerman ini sama Mbak Yulis Huepper sewaktu masih di M√ľnchen. Bikinnya memang rada ribet sedikit, tapi nggak ada salahnya dicoba, jadinya lumayan agak banyak.



Bahan:
5 butir telur /eggs
250 g butter
250 g gula pasir /fine sugar
250 g tepung terigu/all purpose flour
1 bks backpulver/baking powder
500 ml susu cair/milk
1 bks Vanille puddingpulver/custard powder
500 g atau 600 g schmand/sour cream
2 bks Tortenguss atau agar-agar
1 kaleng besar Aprikose (airnya dipisahkan 250 ml)
250 ml apfelsaft/juice apple
Cara:

Lapisan 1 (bolu): kocok 5 butir telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi selama kira-kira 10 menit. Kemudian masukkan butter, kocok lagi setelah itu tambahkan tepung terigu dan backpulver, aduk rata. Masukkan adonan dalam loyang ukuran 28x40 cm. Panggang dalam oven suhu 200°C selama lebih kurang 15-20 menit. Sementara bolu di panggang buat lapisan 2 (putih).


Lapisan 2 (putih): 1 bungkus vanille puddingpulver campur dengan 2 sdm gula pasir, kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Masak sampai kental dan mendidih. Angkat, campur dengan schmand/sour cream sambil di aduk rata. Siram adonan ini di atas permukaan bolu (lapisan 1), kemudian panggang lagi dalam oven sekitar 15 menit. Tunggu sampai kue dingin, baru tata buah Aprikose diatas lapisan putih.


Lapisan 3 (bening): campur Tortenguss atau bisa diganti agar-agar dengan sisa air Aprikose (250 ml) dan 250 ml apfelsaft/juice Apple. Masak sampai kental dan mendidih. Siram di atas buah aprikose.




21 comments:

putri said...

Sipp dah diposting resepnya.. ntar saya ikutan coba bikin mbak. Eh tp moga2 msh sempat ya hihi...

Maappp kemarin gak jadi cicip2 hihi..

Isha said...

mbakkk nyicip kuenya dunk, cakep kuenya, rasanya pasti lebih yahuuddd lagi

Retno Prihadana said...

to putri: mbak Muti...klo di Ind. mana sempet bikin kue (yg udah jadi buanyak tinggal beli, tapi yg ini nggak ada lho di Ind), mumpung msh disini hayuuuk dipraktekin, sengaja tak foto step-stepnya lho.
to Aisha: minum teh, sembari nyicipin fotonya...ayooo kapan maen ke Hamburg.

WokandSpoon said...

Wow, your Spiegeleikuchen looks so professional!!

Retni said...

wah mba jago deh baking kuenya bagi dunkzz ngences deh melihatnya:)
btw: thanks resepnya:)

Andrie Anne said...

Waduh ini pasti enak nihhh..jd pengen...mau dong Mba..;-)

rita bellnad said...

pakek sour cream ? uhuyyy mau.... pasti enak banget !

Lia said...

pasti enakkk boleh gak nyicipp :D

Retno Prihadana said...

to wokandspoon: Not yet professional, I´m still learning, he..he. Thank´s.
to retni, anne,rita, lia: sayang jauh ...silahkan dinikmati gambarnya aja ya.

iyun said...

hmm sepertinya pernah icip2 kue spiegelei ini di mana yaaa??? apakah dulu kue yg saya cicipi itu bikinan mbak retno yaa ?? sepertinya begitu mbak hehehe... kapan2 aaah dicobaa.. tapi.. ribet kyknya *dasar males :P

Retno Prihadana said...

To Iyun: Iyuuuunnnn, phakabar? ada dimanakah gerangan kalian sekarang? masih di Belanda?, si kecil udah bisa apa. Kangen euy, kapan maen ke Hamburg?

Anisa said...

cantik banget kuenya...uenak rasanya...ngeces jadinya.makasih tuk sharing resepnya.

Rita said...

Retno, makasih udah berbagi resep si kue telor ini, aq dah coba bikin enak deh...en lucu penampilannya...aq pake nutrijel utk lapisan ke2, apa lebih enak klu pake custard? n takarannya? lagi2 minta saran...sorry, jangan bosen ya....
salam,

Caese said...

Mbak, aku lagi di Indo nih. tapi kalo disini aku ga pernah bikin kue yg pake sour cream ato custard tuh.. bisa saranin pake merk apa ya (ato kali bisa diganti)?? trus butternya nih yg salt apa kagak.. *oneng_mode* terakhir nih, aprikotnya kalo diganti peach/pfirsiche enak ga', apa malah bikin kacau?

Retno Prihadana said...

Waduh gantinya sour cream apa ya, aku nggak tau juga nih.Klo tepung custard kayaknya bisa diganti dengan campuran susu cair dan tepung maizena kayak untuk bikin vla gitu. Butter aku pake yg tanpa salt, klo pake yg salt juga ndak apa2. Boleh aja di ganti peach, ukuran ceplok telurnya jadi lebih besar aja..he..he.

warda82 said...

hi, can you please post the recipe in english. thank you

warda82 said...

hi, ca you please post the recipe in english version. thank you.

warda82 said...

hi, can you please post the recipe in english. thank you

warda82 said...

hi, can you please post the recipe in english. thank you

SweetBuns said...

Hallo Kedai Hamburg,

Love your cake, I want to try to make this cake for my party so could you please post the recipe in English.

Thanks for all your help.

KY

Lina said...

Mba Retno...aku dah nyoba bikin resepnya nih...ueenakk tuenan ,mbak.
Ringan, segeerrr...
tapi krn peach kalengku gak cukup tampilan toppingnya jadi gak kayak telor ceplok deh...makasih ya mbaa....