Monday, July 2, 2007

Serundeng Daging


Ini masakan yg sering dibikin oleh Ibuku, wah...sambil bikin ini makin kangen deh sama ibu dan masakannya. Sampe disini, ternyata masih banyak masakan ibuku yang aku belum bisa.


Bahan:
600 g daging sapi
100 g kokosraspel/kelapa parut


Bumbu: dihaluskan
5 btr bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar sangrai, 3 cm kencur
3 cm laos
2 cm serai, ambil bagian putihnya 1 sdm gula merah, 2 sdm gula pasir
3 lbr daun jeruk, air asam secukupnya
garam secukupnya
Cara: tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, sesudah harum masukkan potongan daging aduk-aduk sampai berubah warna. Tambahkan air secukupnya, setelah daging empuk, masukkan kelapa parutnya, aduk terus sampai kering, dan kelapa kuning kecoklatan.

6 comments:

I sha said...

masakan ibu mmg gag ada duanya ya mbak, aku juga sering ty2 ama ibuku soal resep, soalnya kangen juga ama masakannya hhehe...

Retno Prihadana said...

to Aisha: Betulll sekali aisha, hikkss bener2 kangen deh jadinya. Kalo ibuku bikin Gule..sampe aku nggak tau rempah2nya namanya apa aja. Sampe sini nyesel koq nggak belajar, abis taunya tinggal makan doang, he..he.

sweet tooth said...

suka deh sama foto-fotonya mbak. Setiap ke blog ini selalu terbayang suasana Eropah :-)

Miming said...

mbakee... kayaknya kalo dimakan sama nasi langgi ueenaakkk neeeehhh...
kalo pake kelapa kering bisa gak ya mbak, soale kelapa parut yg disini frozen-an trus suka asem baunya :D

WokandSpoon said...

This looks a bit like the rendang that we have in Malaysia - eaten with nasi kunyit! Yum!

Retno Prihadana said...

To sweet tooth: Thx ya.
to Miming: aku pake kelapa kering siap pakai juga koq.
to wokandspoon:hmmm..serundeng daging is a little bit sweet. I think rendang more spicy.I like both of them.