Friday, July 6, 2007

Gulai Cumi


Bikin ini gara-gara ngiler waktu liat gulai cumi di dapurnya mbak Miming,  Sampe si Mas, anakku yg sulung bilang, kapan mamanya nyobain resep gulai cumi. Ternyata sedikit pekerjaan tangan ...masukin tahu ke dalam cumi, akhirnya jadi juga bikin gulai cumi (Makasih ya mbak Miming).


Source: Siti Q. Utami

 
  • 500 gr cumi-cumi putih, bersihkan, lumuri perasan jeruk nipis
  • 1 bh tahu, hancurkan
  • 5 siung bw putih
  • 4 bh bw merah
  • 2 bh lombok merah/besar
  • 1 sdm ketumbar
  • ½ sdm merica
  • 4 btr kemiri
  • ¼ sdt jinten
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 btg sereh
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 lbr daun kunyit
  • 1 sdm daun bawang
  • 400 ml santan
  • Garam dan gula secukupnya

13 comments:

putri said...

Wahh ini cumi yang beli barengan itu ya mbak? hihi... Mas Agus jd pengin tuh mbak, apa kami beli..trus terima matang aja dr mbak Retno? *maunya..*

Danke ya mbak..ucapannya buat kami. Sekarang saatnya mulai beberes :D

Retno Prihadana said...

to Putri: Lhaa..iya coba mbak Muti dateng waktu itu...bungkusss cuminya juga Spiegeleikuchennya buat mas Agus, he..he.

Ryu`s Mom said...

Wah bikinnya banyak banget ya...asiknya makan rame-rame, gak kayak aku nih masak sendiri, makan sendiri, udah kayak lgu dangdut aja xixixi.

Vie said...

Siapa sih yang gak suka cumi. Tapi aku klo masak cumi, piaraanku yang dua itu (suami n anakku) musti diakalin. Mereka gak suka cumi, asalkan gak dibilang itu apa, mereka masih mau makannya, malah lahap lagi. Jadi aku klo beli cumi, musti sembunyi-sembunyi. Aneh emang.

Lia said...

disini aku ga nemu cumi yg kaya gitu, huaaaaa bisanya cuman ngiler deh, hiks

Retni said...

hati2 ya makannya say takut kena tusukan giginya he he he tfs say seperti enak tenan deh:)

Retno Prihadana said...

to Retni: He..he, iya tusuk giginya di lepas dulu yaaahhh, jangan ikut di santap. Bisa di manfaatkan klo ada yg nyelip di gigi.
to Lia: Makannya di depan computer aja lia..cukup dibayangkan rasanya..he..he.
to Vie: daripada sembunyi2, ayo Vie makan sini aja..he..he.

queela said...
This comment has been removed by the author.
Isha said...

gag pernah nemu cumi disini mbak :(( kesian deh

WokandSpoon said...

Hello...um...what is cumi? It looks nice but I'm not sure what it is.

Retno Prihadana said...

to Aisha:Klo calamaries ada yg jual kah?
to wokandspoon: cumi is sotong or squid/octopus(English) and Tintenfisch (Deutsch)

Anisa said...

wuih, enake mbak Retno....wis sakpaket. Bikinnya banyak banget.

Makasih ya untuk supportnya.
untuk masak, harus mbak,,,kalau gak gitu gak makan.Makan di luar terus jg bosan,,,disini menunya ikan mentah2 gitu, udon gitu, lainnya pikir2 takut gak bisa kemakan.

reeyau said...

enaknya.. kak, ada recipe pegedil cumi x? udah lama cari tp x pernah jumpa..