Tuesday, April 10, 2007

Baso Tahu & Siomay


Bikin siomay dan baso tahu ini sekalian banyak, karena sekalian giling udang dan ayamnya. Anak-anakku biasanya lebih suka kalo di goreng...jadilah Batagor &Siogor. Jadinya lumayan banyak sekitar 15 - 20 porsi (relatif sih, tergantung dari mau berapa banyak makannya)


Bahan:
400 g fisch paste/Spanish makrelen/Pangasius, haluskan
500 g udang giling
600 g ayam giling
3 tahu hamburg @ 400 g
1 bks kulit pangsit (wantan teig)
1 butir telur

Bumbu Siomay&baso tahu:
2 sdt bawang putih bubuk atau 7 siung bawang putih
2 sdm fish sauce
2 btg daun bawang, rajang halus
2 sdt merica bubuk
2 sdt minyak wijen
2 sdt gula pasir
4 sdm tepung tapioka, cairkan dengan 100 cc air
garam secukupnya

Cara: Campur udang, ikan, ayam gilling dengan bumbu. Masukkan adonan ke dalam kulit pangsit dan tahu, kemudian kukus selama kira-kira 30 menit.
Bisa di santap langsung dengan bumbu kacang dan kecap. Jika suka, siomay dan baso tahu tadi bisa di goreng dulu, sesuai selera lah.

Bumbu Kacang:
500 g pindakaas (Erdnusspaste/peanut butter)
6 btr bawang merah
3 siung bawang putih
4 btr kemiri
3 cabe merah
4 sdm air asam
800 ml air
gula pasir secukupnya
garam secukupnya

Pelengkap: Kecap manis
Cara membuat bumbu kacang: Tumis bawang merah, bawang putih, cabe dan kemiri dengan sedikit minyak, kemudian haluskan. Campur bumbu dengan pindakaas, air serta air asam, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk-aduk sampai mendidih, jika terlalu kental tambahkan sedikit air.

5 comments:

putri said...

Kalau ikan tilapia itu gak enak ya mbak buat isi baso tahu. Harus yg makarel kali ya?

Retno Prihadana said...

Belum pernah nyoba sih klo pake ikan tilapia. Ikan Spanish makrelen ini rasanya mirip ikan tenggiri.

putri said...

Kurang enak, kami pernah sekali bikin diblender sendiri.

Beli dimana mbak Spanish makrelen? Eh..yg kayak apa sih ikannya? hihi... *gak tahu*

Retno Prihadana said...

beli di vin loy, udah di potong-potong gitu mirip tenggirilah, aku juga di kasih tau mbak dewi kuraesin, pas nyobain koq enak. Tapi klo lagi males mah pake fisch paste juga Ok, toh dicampur sama yg enak2 (udang, ayam), he..he.

.... Lia ... said...

Hmmm yum yum yum.... ntar dicoba...