Thursday, May 24, 2007

Cendol 1


Cuaca mulai panas gini kayaknya rindu banget sama cendol Elizabeth di Bandung. Entah rahasianya apa tuh si cendol bisa kenyel, enak, aroma daun suji & pandannya kerasa banget. Bikin sendiri nggak pernah bisa sama, tapi buat tombo kangen, lumayanlah !



bahan/ingredients:100 g tepung beras/rice flour
50 g tepung hunkwee/mung bean flour
50 g tepung kanji/tapioca flour
4 lbr daun pandan+100 ml air, blender, disaring kemudian ambil airnya
500 ml air
1 sdm pasta pandan
1/2 sdt garam
1 sdm air kapur sirih (kalo ada, nggak pake jg Ok)

note : 1 sdm air kapur sirih (saya campur 1 sdm kapur sirih+100 ml air, aduk dan biarkan mengendap dulu baru di ambil airnya)

Untuk air gula:
250 g gula jawa + 200 ml air, masak dan saring

Pelengkap: 400 ml santan kaleng, 1 kaleng nangka, potong-potong


Cara: Campur air dengan pasta pandan, tuang sedikit demi sedikit ke tiga macam campuran tepung sampai rata. Masak sambil di aduk-aduk hingga mengental dan matang. Ambil cetakan pasta, atau saringan yg ada bolongannya, cendol yg keluar dari cetakan langsung di tampung di air dingin yang telah diberi es batu.

3 comments:

I sha said...

aduhhh segerrr bgd nih mbak.
mbak apa mesti pake kapur ya mbak buatnya, kalo gag ada kapur bisa gag mbak.

Retno Prihadana said...

Nggak ada kapur mungkin nggak apa-apa, air kapurnya disini fungsinya spy agak sedikit padet gitu??, kayak klo kita bikin coctail yg ada pepaya, klo di Ind. aku suka tambahkan sedikit air kapur biar pepayanya nggak terlalu lembek.

I sha said...

ohh bisa ya mbak gag pake air kapur, pengen bgd buat cendol nih. makasih ya mbak :)