Saturday, May 5, 2007

Soto Belitung

Beragam Soto ada di Indonesia, mulai dari Soto Betawi, soto Bandung, soto Kudus, Soto Pekalongan, Soto Ambengan Surabaya, Soto Madura, Soto Banjar, Soto Padang, Coto Makassar....dll, sampe Soto Belitung. Soto Belitung ini biasanya di buat sama Ibuku yang terdiri dari 2 versi, yang pake santen dan Soto bening tanpa santan. Nahh..yang ini versi pake santan, biasanya pelengkap sajian saat hari Raya, tapi di Hamburg ini sering banget bikin....masakan andalan..he..he, soalnya bisanya cuman bikin yg kayak gini.




Bahan:
1 ekor ayam, potong jadi 4
5 butir kentang, potong seperti untuk sop
300 ml santan kaleng
2,5 l air

Bumbu utuh:
2 btg serai, dikeprek
4 lbr daun jeruk
3 cm laos, dikeprek
3 cm jahe, dikeprek
Bumbu: dihaluskan
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
6 cm kunyit
6 butir kemiri
sedikit jinten
1 sdt gula pasir
garam secukupnya

Pelengkap: Lontong, sambel kecap, emping, daun bawang, bawang goreng
Sambel kecap: cabe dan bawang goreng dihaluskan ditambah kecap.

Cara: Tumis bumbu yg sudah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum, setelah itu masukkan air, bumbu utuh (daun jeruk, jahe, serai,laos), jika kuah sudah mendidih masukkan ayam. Setelah ayam matang, angkat dan suwir-suwir. Masukkan kembali suwiran daging ayam kedalam kuah soto berikut potongan kentang. Terakhir, tambahkan santan. Sajikan dengan lontong, sambel kecap, emping. Taburi dengan rajangan daun bawang dan bawang goreng.

6 comments:

Zwessie Ade Cahyani said...

salam kenal mbak, pernah tinggal di belitung juga ya? liat2 fotonya, jadi kangen masakan rumah nih :)

Zwessie Ade Cahyani said...

mbak, mau nambahin. buat sambel sotonya lebih manteb lagi diitambah perasan jeruk sate, pasti segerrr....

qibty said...

masa kecilku di belitung, tepatnya di kec.kelapa kampit, kalo pulang sekolah pas SD di jemput Bapak, trus biasanya makan soto belitung...cuma dulu kayaknya sotonya pake so'on...

Retno Prihadana said...

@ Gibty: Ini soto belitung yg versi pake santan, ada juga yg tanpa santan, klo yg Soto Belitung bening isinya pake soun, telur rebus, suwiran ayam, kentang goreng yg diiris tipis seperti kripik dll.

Klo yg versi pake santan memang untuk temen makan lontong dan lebih praktis. Ini salah satu resep dari ibuku yg asli Belitung :). Sering bikin juga yg soto belitung bening, tapi nggak aku posting.....bbrp resep disini seperti Gangan dll termasuk fotonya, banyak yg diambil oleh blog lain tanpa izin :(

@Ade Cahyani: iya, dulu masa kecil di Belitung :)

LORA LORINDA said...

loh mbak gibty sekarang tinggal dimana?? aku juga asli belitung, di manggar.

Retno Prihadana said...

@Lora: sekarang tinggal di Hamburg, Germany^^. Berhubung sering kangen masakan masa kecil dulu, ya mau nggak mau harus masak sendiri:)