Tuesday, May 22, 2007

Bakso Malang (1)


Kemaren-kemaren si Mas ribut aja minta mamanya bikin bakso Malang kayak Tante Yul. Baru kemaren deh sempet bikinnya, itu aja belum komplit semua...keburu anak-anak pulang sekolah. Ehhh...malemnya temen2nya si Mas pada ke rumah...disikat habisss deh bakso Malangku sak panci .




Bahan:1 kg Bakso, resepnya untuk 1/2 kg bakso udah ada disini

Kuah Bakso: 4-5 l air kaldu daging atau ayam (atau secukupnya aja), merica, bubuk bawang putih, minyak wijen, garam secukupnya.
Pelengkap: Mie, tahu isi daging, pangsit isi daging, pangsit goreng isi ayam+udang, bawang goreng, kecap, sambel, daun bawang.



Tahu Isi & Pangsit Isi:
Bahan:
1 tahu super (kira2 500 g) potong jadi 18 buah
35 lbr kulit pangsit
Untuk Isi:
500 g daging
1 btr telur
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, tumis, haluskan
1 btr bawang bombay, tumis, haluskan
1 sdt gula pasir
2 sdm tepung tapioka, 1 sdm tepung maizena
garam secukupnya
Catatan: Jika ingin rasa dagingnya nggak dominan, bisa di tambahkan lagi tahu yang dihaluskan dan dicampur ke dagingnya (saya nggak pake) karena cuman punya tahu 1 biji.
Cara: campur semua bahan isi sampai rata, kemudian isikan ke dalam tahu dan kulit pangsit, kukus kira2 30-40 menit.

Pangsit Goreng:
Bahan: 45 lbr kulit pangsit, minyak goreng
Bahan Isi:
100 g udang giling,
100 g ayam giling

Bumbu: 1/3 sdt bawang putih bubuk, 1/3 sdt merica bubuk, 1/2 sdt minyak wijen, 1 btg daun bawang dirajang halus, garam secukupnya
Cara: Campur jadi satu bahan isi, letakkan isinya ditengah lembaran kulit pangsitnya, lipat segitiga kemudian lekatkan kedua ujungnya dengan sedikit air, setelah selesai di goreng deh!

1 comment:

Andaliman said...

mbak, udah pernah nyoba pangsit ayam bumbu ngohiang belum
enakkk lhoo dicoba aja liat di http://indonesia-eats.blogspot.com/2006/11/fried-5-spice-chicken-wonton-pangsit.html