Friday, May 25, 2007

Dendeng Balado


Kalo bikin dendeng balado ini masak nasinya jadi lebih banyak dari biasanya, karena anak-anak tambahhh..makannya. Untungnya mereka udah biasa dari kecil makan yg pedes-pedes, termasuk si dedek, lha...klo makan martabak aja dia nyariin cabe rawit. Buat ponakanku Adi nih, nikmati aja dulu ya dendeng baladonya sambil nungguin tayangan sate padang..he..he.

Bahan:
1 kg daging, masukkan freezer dulu agar sedikit agak beku, lalu potong tipis-tipis
1 sdm ketumbar sangrai, dihaluskan
air asam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu: haluskan
10 buah cabe merah
6 buah cabe keriting
6 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sdt gula pasir
garam secukupnya

Cara: rendam potongan tipis daging dengan air asam dan ketumbar bubuk, setelah itu di oven suhu 180 °C sampai daging berubah warna. Kemudian goreng daging tadi dalam minyak panas, tiriskan. Tumis bumbu dengan sedikit minyak sampai harum masukkan daging yang telah digoreng tadi, aduk rata. Siap dihidangkan sebagai temannya nasi.

5 comments:

I sha said...

aduh mbak, yg ini mah kalo makan sepiring mana cukup, maunya nambah lagi nambah lagi hahaha...kalo sering2 masak ini bisa bikin beras cepat habis hehehe...

Rajawali Muda said...

enak kyaknya tante..mau..ntar adi diajarin ya biar org rumah pd kaget ntar hehehe..,cma kok dbikin beku dulu sbelum dipotong? bukannya malah jadi susah dpotong?
tanya kenapa....

Retno Prihadana said...

Jangan terlalu beku banget kayak es batu gitu ya susyaaah motongnya, agak beku dikitlah, biar gampang dipotongnya.

linae said...

aih...jadi ngiler liat dendeng baladao nya, dari dulu pengen nyoba bikin tp lupa terosss... masih ada ngga mbak dendeng nya? kirim sini dunk...hihihi

...ina... said...

halo mbak, salam kenal...
mau nanya...kalo bikin ini dendeng selain di oven bisa dipake apa ya mbak... ovennya lagi rusak neh...thx