Wednesday, May 9, 2007

Sayur Asem

Gepuk dagingnya di temenin sama sayur asem, sambel dan lalap...serasa di tanah air deh. Cuman sayurnya pake yang ada saja, labu siam (ada sih..di toko asia tapi mahal ) diganti sama Kohlrabi berikut daunnya yang kandungan gizinya bisa dilihat disini, Kolnya bisa pake Spitzkohl, Wei├čkohl, Chinakohl (sawi putih) atau Wirsingkohl yg selengkapnya bisa baca disini (versi bhs. Jerman). Ini masaknya nggak pake takeran, inget pesen ibuku rasanya musti manis, asem, pedes (buat yg suka pedes lho ya). Ya.. berapa kali cemplung bumbu, bolak balik icip-icip sampe rasanya sesuai selera.

Bahan:
250 g daging, rebus dan potong-potong, airnya untuk kaldu
kacang tanah atau kacang merah, secukupnya
air asam, secukupnya
gula pasir, secukupnya
garam secukupnya
Sayuran:
buncis, wirsingkohl, kohlrabi berikut daunnya, jagung manis (saya pake baby corn), terong
Bumbu:
Cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, kemiri -> dihaluskan. Daun salam, laos dikeprek.

Cara: Kayaknya pada tau deh ya. Semua bumbunya dicampur dengan kaldu berikut daging, kacang tanah, air asem ,gula pasir, garam. Setelah mendidih baru deh sayuran yg sudah di potong-potong di cemplungin.


No comments: