Wednesday, June 13, 2007

Gulai Tuna


Ini tuna gulai ala Finken, yang masak lagi males ngulek/blender bumbu, jadi masaknya yang cepet aja. Dibilang enak sama mbak Mutiara jadi malu nih....pake bumbu andalan..hi..hi. Di pajang aja lah yaw..wong udah terlanjur difoto.

Bahan:
1 kg Ikan Tuna, lumuri air jeruk dan garam, panggang sebentar di oven suhu 180°C sampai berubah warna
400 ml santan kaleng
500 ml air
Bumbu:
2 butir bawang bombay, rajang
4 siung bawang putih, rajang
1 buah cabe merah, potong serong
3 buah cabe hijau, potong serong
2 btg serai, di keprek
4 cm lengkuas, di keprek
4 lbr daun jeruk
2 bks (100 g) bumbu gulai instant
sedikit garam, jika perlu

Cara: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan bumbu gulai, air, dan bumbu lainnya juga ikan tuna yg sudah di panggang tadi. Terakhir tuang santannya, masak sampai mendidih.

5 comments:

Ryu`s Mom said...

Punya ikan tuna dikulkas..mau dibuat ini juga ah...Nyontek ya mom resepnya..

putri said...

Seger pakai cabe ijo itu... Dua potong yg dibawa pulang, abis dimakan mas Agus. Jadi inget komentar pak Saiful yg dibilang bu Saiful... "Masakan mbak Retno tuh gak ada yg gak enak"... T.O.P

Retno Prihadana said...

Ahhh...mbak Muti ini bisa aja, bikin seneng yg masak, nanti klo dibilang nggak enak..yg masak kapok..hue..he..he. Inget si Dedek nih klo nggak cocok sama masakanku dia bilang...aku udah kenyang ma!

I sha said...

aduh mbak retno, pagi2 udah bikin aku ngiler hiks.

Andaliman said...

Aku juga sukaa ini
cuman aku pakenya tuna kaleng maklum tuna segar maharani disini ^_^