Sunday, June 10, 2007

Martabak Asin

Untuk kulit martabak asin, pake blätterteig yang biasanya tersedia di toko Turki yang isinya 3 lembar dengan diameter kira-kira 50 cm, karena terlalu besar untuk ukuran teflon yg kupunya, jadi masing-masing dibagi 2 saja.



Bahan:
1 bungkus blätterteig Turki, digunting jadi 6 lembar
12 btr telur ayam, tiap lembar blätterteig pakai 2 btr telur
400 g daging giling,
minyak untuk menggoreng
Bumbu:
1 butir bawang bombay, rajang halus
3 siung bawang putih, rajang halus
5 btg daun bawang, rajang
1/2 - 1 sdt merica bubuk
garam secukupnya

Cara: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging giling. Tambahkan sedikit air serta merica dan garam, masak sampai daging matang. Daging giling ini dibagi menjadi 6 bagian untuk isi. Lebarkan lembaran kulit martabak, isi dengan campuran daging giling, kocokan 2 btr telur dan rajangan daun bawang. Lipat segiempat, kemudian digoreng di atas minyak, tusuk-tusuk permukaan martabak dengan garpu dan siram-siram dengan minyak dengan menggunakan sendok penggorengan. Demikian seterusnya, dikerjakan untuk 6 lembar kulit martabak tadi.
Catatan: Biasanya bikin 3 martabak dulu, sisanya disimpan di lemari es untuk besoknya lagi. Kalo kebetulan ada yg ngundang atau ada tamu..nah..baru dibikin semuanya...he..he.

4 comments:

Lia said...

wah aku mauu dah lama ga makan nih bikin juga ahhh :P

I sha said...

aduhh enak bgd nih mbak retno, ntar aku namu ya biar disuguhi martabaknya hehehe...

Sayangku Ayone said...

kebetulan aku punya daging cincang dan kepikiran bikin martabak.
biasanya sih selama ini pake kulit lumpia aja, cuma jadi pengen nyoba pake kulit yg dijual di toko turki, terimakasih idenya..

Sayangku Ayone said...

Mbak, aku akhirnya bikin martabak pakai kulit yang bikin sendiri. Aku posting di-multiply-ku:
http://iniaku.multiply.com/recipes/item/121

Tapi nanti mau ah, nyobain pake blätterteig Turki. Makasih Mbak ;)