Saturday, June 16, 2007

Rujak (tanpa) Cingur


Baru kali ini bikin rujak (tanpa) cingur sendiri, biasanya tinggal nyicipin bikinan temen-temen di Hamburg yg asli Jatim. Kebetulan dapet petis dari jeng Inul. Pertamakali nyoba waktu ke Surabaya bingung juga, kayak pecel tapi ada buahnya..kuahnya agak hitam, tapi rasanya ternyata enak juga. Karena nggak ada yg jualan cingurnya biasanya diganti sama kikil, berhubung yg di rumah nggak mau kikil jadi ya tanpa cingur dan kikil.

Bahan: Tauge, Kangkung, mentimun , tahu/tempe goreng, belimbing, nanas, mangga (lagi nggak punya persediaan jadi cuman pake belimbing)

Bumbu:
2-3 sdm petis/shrimp paste
4 sdm kacang yg sudah digiling
4 siung Bawang putih goreng
2 sdm gula merah
4 buah cabe keriting
1 sdt terasi/belacan
air asam, garam secukupnya
air secukupnya

Cara: Rebus sayuran, buah di potong-potong, juga tahu dan tempe, siram dengan bumbu yang sudah di ulek/dihaluskan.

Untuk: sekitar 4-5 porsi

5 comments:

Tina said...

Mbak Retno.. yuhuu.. salam kenal juga, aku seneng sekali mbak mampir ke tempatku karena sama2 di Jerman, di Hamburg ya? Kota pelabuhan yang gede dan ramai tapi jauh sekitar 7 jam dari Ulm, hehe.

Disana sudah berapa lama? Nikah ama orang Jerman-kah? Ih malah tanya2.. sorry ya, abis aku seneng sih ada sesama Indo disini..

ampe nanti ya.. Hug..

Tina
http://journey.zeventina.com

I sha said...

duh ngiler bgd liat rujaknya, pengen...

Retno Prihadana said...

to tina: baru 5 tahun disini, suamiku made in Indonesia..he..he. Hayukk mampir ke Hamburg.
to Aisha: Ayooo..mampir sini, udah abis dink!.

wita said...

ini makanan favoritku, paling top deh, jadi pengen banget nih...

Vania said...

salam kenal dari tetangga sebelah (NRW) ini aku bawa piring kosong 2 monggo diisi rujaknya...ntar balik lagi nambah boleh kan...hihihi

www.vaniahuebsch.multiply.com
www.blog.indonesia-portal.com