Friday, June 22, 2007

Sayur Lodeh


Bapaknya anak-anak sempet bilang, selama disini dalam setahun bisa dihitung dengan jari makan sayur lodeh, hi..hi kaciannn..deh. Saking jarangnya bikin sayur ini, masalahnya yg makan cuman bapak dan ibunya doank, lucunya klo bikin Buntil anak-anak malah suka. Kebetulan pas belanja ke Aldi lagi banyak kohlrabi, sebagai gantinya labu siam. Daunnya kohlrabi rasanya mirip daun mlinjo..jadi beli 2 biji sambil ngambilin daunnya yg banyak...lhaaa..klo bule yg beli daunnya pada dibuang, ini malah di petikin...yaaa..buat kelinci dirumah..yg rambutnya item semua, he..he.

Bahan:
1 buah kohlrabi berikut daunnya
3 buah wortel
100 g buncis
1 buah terong (nggak pake, lagi ndak punya)
200 ml santan
1,5 l air kaldu rebusan daging atau ayam

Bumbu: dihaluskan
4 bawang bawang merah
3 siung bawang putih
4 kemiri
1 sdt terasi
1 sdm ebi, rendam air panas dulu
2-3 sdm gula pasir, atau sesuai selera
4 cm laos/lengkuas, dikeprek
2 lembar daun salam, utuh
6 cabe hijau keriting, utuh, buang bijinya (kalau nggak suka pedes bisa dihilangkan)
garam secukupnya

Cara: Sayuran di potong-potong. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampe harum, tuang air kaldu, setelah mendidih masukkan sayur dan santan.

5 comments:

I sha said...

waduhhh mbak, dimakan pake ikan baladonya, nasi sebakul bisa ntek nih huhuhu...*ngelap iler*

wita said...

wah, cocok bener, sayur lodah sama ikan teri, sambel...hmmmm undang aku dongg....

Retno Prihadana said...

To Wita: Bener nih mo dateng klo aku undang?.. he..he.

Lia said...

aku kalo makan ini bisa nambah pasti hehehehhehehe

Vie said...

Ret, aku jadi ingat waktu dulu 15 taon yang lalu, pengen sekali nge-lodeh, aku sampe telpon mamiku minta resepnya. Untung disini ada cepokak ama terong ijo bulat itu. Sekarang makannya pake sambel teri (sama yang kayak Wita bilang!), wuih... pengen buat ah besok!
Aku kalo nyambel teri, buatnya setoples gede trus simpas dikulkas, jadi bisa tahan seminggu (only!). Itu sekilo terinya. Anakku ini anak teri. Sampe bekal sekolah, roti pake teri!