Sunday, June 17, 2007

Martabak Manis

Martabak manis pake teflon :)
 

Bahan:


 
500 g tepung terigu

3 butir telur
1 bks backpulver/baking powder
1 sdm hefe/ragi/yeast
2 bks Vanillinzucker
4 sdm gula pasir
1 sdt garam
600 ml susu cair
or 600 ml coconut milk
100 g mentega cair

Pelengkap Isi: Coklat/meises,
Kacang cincang/selai kacang/peanut butter yg crunchy, Keju parut
Cara: Kocok telur, gula, vanille, garam. Kemudian masukkan terigu, backpulver, hefe yg sudah dicampur sebagian susu hangat dan susu secara bergantian. Terakhir, tuang mentega cair. Diamkan sebentar sekitar 30 menit. Panaskan penggorengan teflon, setelah panasnya stabil, kecilkan apinya dan buat adonan martabak. Setelah matang taburi dengan keju, coklat, kacang sesuai selera

23 comments:

I sha said...

aduh mbak retno, cakep bgd martabaknya, aku dah 2kali nyoba selalu ga2l hiks. kapan2 aku nyoba resepnya mbak retno yg ini yah:))

*nyomot 3 potong :D*

Mama Dilla said...

cantik banget.. ngak pake acara pendiaman adonan ya Mbak, wah enak..bikinnya cepet, kapan-kapan mo nyobain, hari ini persediaan kosong,

Retno Prihadana said...

to Aisha dan mama Dilla: yaa startnya...pake acara gosong dulu dua biji..., seterusnya sih siiip, untuk di foto/di pejeng yg bagusnya..he..he.

Retno Prihadana said...

to mama Dilla: Iya...di diemin dulu 1/2 jam, thanks diingetin.

Lia said...

duh cantik banget martabaknya, mana lagi kangen ama martabak keju, coklat kacang, hehehhehhe...btw itu loyangnya pake loyang martabak atau teflon biasa, bagus bgt deh bisa nyarang :)

Retno Prihadana said...

to Lia: pake teflon yg diameter 20 cm. Bikin yuukk!

myhafizh said...

mbak, adonan yg dituang ke teflon brp cc soale sy pernah tuang 200 cc malah gosong n gag mateng trus dibuang

Retno Prihadana said...
This comment has been removed by the author.
Retno Prihadana said...

to Mama Hafizh: Teflonnya pake yg kecil dan tebal jadi bukan yg tipis, made in Germany (he..he). Adonan yg dituang kira-kra 70 ml aja. Klo terlalu tebal nanti belon mateng keburu gosong. Panaskan dulu teflon pake api besar, setelah cukup stabil/merata panasnya baru kecilkan.

Ina said...

waduh jadi keingin nyoba resep yang ini juga...kayaknya lebih wenak ya mbak...!

Rajawali Muda said...

tante ke paris bawa martabak yahhhh
edisi kacang keju martabak bangka
heheheehe..

glasfaden said...

Wah, bikin ngiler aja - thanks buat resep2nya! Lagi kangen makanan Indo nih :)

The Incidental Chef said...

Hi retno,
Ur martabak manis looks really good! Can u please advise wht is the amount for 1 bks baking powder?

Thanks in advance,
Susanna, Perth

fleea said...

Mbak Retno, saya sudah coba resepnya. Enakkk. Tapi saya tambahi susunya jadi 700ml supaya lebih encer, sebab pencobaan pertama terlalu kental.

Apakah mbak tahu bagaimana membuat kulit tipis di sekitar martabak manis?

cakeita said...

mbak retno 1 bungkus Baking powder itu berapa gram ya?

nyoba bantuin jawab ya mbak flea, setelah dituang di cetakan, tekan dan ratakan adonan dengan sendok (biasany sih pake sendok sayur) adonan mengelilingi cetakan, sehingga ada adonan yang menempel di pinggir cetakan, lalu angkat sendok adonannya

Retno Prihadana said...

1 bungkus baking powder sekitar 14 g

Monika Reeck said...

Mbak beli wajan nya dimana...di jerman kan wajannya tipis ya Mbak :)duuh jadi kepengen nih bikin...salam dari Munich, wassalam :)

Retno Prihadana said...

@Monica Reeck: pake penggorengan teflon yang biasan aja yang diameter kira-kira 20 cm, cari teflon yg agak berat/tebal jangan yg tipis

ariandy yoga said...

Bu Retno yang baik hati,
Punya saya hasilnya kok kayak pancake/bolu ya? Gak ada bolong-bolong seperti di bika ambon. Salahnya kira-kira di mana ya?

Terima kasih.
Yoga

Retno Prihadana said...

yoga: sudah didiamkan dulu adonannya selama lebih kurang 30 menit?

noeroel hidajat said...

mbak retno, kalo bleh tau untuk telornya yng dipke putih telornya, kuningnya ato kduanya??

Retno Prihadana said...

Noeroel Hidayat: telur dipake semuanya, putih dan merahnya

windi perkasa ed said...

1 bungkus beking powder kira2 brapa sendok??